Jenis-Jenis Pajak Mobil yang harus kamu ketahui

Pajak mobil sebagai satu kewajiban yang perlu dipenuhi dengan tiap orang yang mempunyai kendaraan beroda 4 ini. Di saat kamu akan beli sebuah mobil, pasti harus menimbang beragam ongkos yang menyertainya, satu diantaranya ialah pajak kendaraan dan produk produk asuransi mobil

Pajak apa yang perlu dijamin pemilik mobil, berapakah besarannya dan bagaimana proses pembayarannya, baca dalam artikel berikut, ya.

pajak mobil

Pajak mobil ialah satu kewajiban yang perlu dipenuhi dengan tiap pemilik mobil dengan besaran yang sudah ditetapkan sesuai type mobilnya masing-masing. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009, pajak kendaraan motor ialah pajak atas pemilikan dan/atau kepenguasaan kendaraan motor.

Pajak mobil sisi dari pajak kendaraan motor yang disebut pajak propinsi atau pajak wilayah. Karena masuk ke tipe pajak wilayah, uang yang kita setorkan juga masuk pada kas wilayah sebagai salah satunya sumber penghasilan asli wilayah.

Tetapi, sebetulnya ada pula pajak tidak langsung seperti Pajak Bertambahnya Nilai (PPN) mobil yang disebut ranah dari pemerintahan pusat.

Jenis-Jenis pajak mobil

Pada umumnya, ada 2 jenis-jenis pajak mobil  yaitu pajak tahunan dan pajak 5 tahunan. Seperti apakah alokasi dua tipe pajak ini?

Pajak tahunan

Sama dengan namanya, pajak tahunan dibayarkan tiap setahun sekali di saat jatuh termin pajak kendaraan yang tercantum di STNK, persisnya di bagian bawah STNK. Arah bayar pajak tahunan untuk legitimasi dan perpanjang masa aktif STNK.

Pembayaran pajak tahunan mobil dapat dilaksanakan langsung di kantor Samsat atau lewat cara online lewat sarana pembayaran seperti transfer bank dan pembayaran lewat e-commerce.

Tapi, untuk menetapkan STNK umumnya kamu harus tetap tiba ke kantor Samsat tercatat atau Samsat keliling. Tetapi, prosesnya bisa lebih cepat dan tak perlu mengantre.

Adapun persyaratan pajak tahunan mobil atau memperpanjang STNK mobil sebagai berikut;

  • KTP asli sesuai nama pemilik kendaraan yang didaftarkan di STNK
  • STNK asli dan foto copy
  • BBKP asli dan wilayah (banyak daerah tidak mewajibkannya)
  • Uang pembayaran sesuai bill yang tercantum di STNK

Pajak 5 tahunan

Pajak mobil 5 tahunan ialah pajak dibayar untuk mengupdate STNK dan pelat kendaraan motor. Jika pada pajak tahunan cuma perpanjang masa aktif STNK dengan memberi stempel, pajak mobil 5 tahunan mempunyai tujuan untuk;

  • Perpanjang STNK 5 tahunan
  • menukar nomor pelat mobil
  • check fisik kendaraan

Pajak mobil baru dan ongkos yang lain

Saat customer beli mobil baru, ada banyak tipe pajak yang dikenai ke pemilik kendaraan, baik oleh pemerintahan pusat atau pemda. Selainnya pajak, ada beberapa ongkos tambahan yang perlu kamu bayarkan di saat mendaftar mobil ke Samsat.

Pajak mobil ialah satu kewajiban yang perlu disanggupi pemilik mobil. Berikut ulasan tipe pajak mobil, langkah check pajak mobil dan langkah perhitungannya. Seterusnya, kamu bisa membaca selanjutnya keterangan tipe pajak di atas dalam ulasan di bawah ini.

PPN (Pajak Bertambahnya Nilai)

Pajak Bertambahnya Nilai atau PPN ialah tipe pajak yang dikenai di saat beli mobil baru. Besaran pajak bertambahnya nilai yang dikenai di saat beli mobil baru ialah 10%.

Dari sisi karakternya, PPN terhitung tipe pajak tidak langsung. Maknanya, faksi yang diharuskan untuk mengambil dan menyerahkan pajak ialah faksi pedagang atau penjual, walau pajak ditanggung ke konsumen.

Maka di saat kamu beli mobil di dealer sah, harga yang kamu bayarkan telah terhitung PPN. Seperti telah disentil dalam tabel, Pajak Bertambahnya Nilai ini nanti akan masuk ke kas negara sebagai Pajak Pusat/Pajak Negara.

Catatan: Pemerintahan sudah memilih untuk meningkatkan biaya pajak bertambahnya nilai jadi 11% pada April 2022 kelak. PPN akan balik naik jadi 12% di tahun 2024. Ini sesuai koreksi atas Undang Undang Nomor 6 Tahun 1983 dengan UU Harmonisasi Ketentuan Perpajakan (UU HPP) yang ditetapkan pada 7 Oktober 2021.

PPnBM (Pajak Pemasaran Atas Barang Eksklusif)

Sama dengan namanya, makna Pajak Pemasaran Atas Barang Eksklusif ialah pajak yang ditanggung atas atas transaksi bisnis barang eksklusif.

Dasar hukum berkenaan PPnBM ditata dalam Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 1983 mengenai Pajak Bertambahnya Nilai (PPN) dan Pajak Pemasaran atas Barang Eksklusif (PPnBM).

Mobil sebagai Barang Terkena Pajak (BKP) yang terhitung dalam kelompok barang eksklusif hingga dikenai PPnBM. Pengenaan PPnBM mobil umumnya telah masuk ke harga on the road (OTR).

Menurut Mencuplik Ketentuan Kementerian Keuangan (PMK) Nomor 33/PMK.010/2017, dasar pengenaan PPnBM ialah kubikasi mesin. Mobil berkubikasi mesin kurang dari 1.500 cc seperti Honda City Hatchback, Toyota Yaris, dan Suzuki Ertiga dikenai PPnBM sejumlah 10%.

PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) ialah tipe pajak yang ditanggung atas pemilikan atau kepenguasaan kendaraan motor. PKB masuk ke kelompok pajak wilayah hingga besarannya berbeda bergantung wilayah masing-masing.

Dalam Pajak Wilayah, dikenali istilah Pajak Progresif yaitu besaran pajak yang makin besar bersamaan dengan pertambahan kendaraan motor yang dipunyai oleh harus pajak.

SWDKLLJ (Bantuan Harus Dana Kecelakaan Lalu Lintasi Jalan)

SWDKLLJ ialah pungutan harus yang ditanggung ke tiap pemilik kendaraan motor. Satu kali lagi, SWDKLLJ ialah pungutan harus, bukan pajak.

Pengendalian SWDKLLJ dilaksanakan oleh PT PT Jasa Raharja Persero dengan bsaran biaya yang serupa untuk semua Indonesia yaitu Rp143.000 untuk mobil individu.

STNK dan TNKB

STNK ialah Surat Pertanda Nomor Kendaraan yang diedarkan oleh Kepolisian sebagai bukti pemilikan sebuah kendaraan. Sementara TNKB ialah Pertanda Nomor Kendaraan Bermotor atau pelat nomor kendaraan.

Masa aktif STNK perlu diperbaharui tiap setahun sekali, dilaksanakan bersama dengan pembayaran pajak kendaraan motor PKB tahunan. Sementara untuk pelat nomor kendaraan ditukar tiap lima tahun sekali bertepatan dengan penerbitan STNK baru.

BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor)

Bea Balik Nama Kendaraan ialah pungutan sah dari Pemda atas penyerahan hak punya kendaraan motor di antara dua faksi yang muncul karena jual-beli, ganti mengganti, hibah, peninggalan, atau penghasilan ke tubuh usaha.

Besaran ongkos balik nama kendaraan berlainan untuk tiap propinsi. Di Jakarta ongkos balik nama mobil baru atau kendaraan pertama ialah sejumlah 12,5%, sementara BBN-KB untuk mobil sudah bekas 1%.

Previous post Langkah – langkah menjaga supaya AC tidak cepat hancur
Next post Aplikasi Influencer Terbaik di Indonesia