Langkah – langkah menjaga supaya AC tidak cepat hancur

Apa kamu pemakai AC setiap saat? Berapa kerap sich kamu memakai AC dalam aktivitasmu setiap hari di dalam rumah?

Ada di negara tropis seperti Indonesia memang membuat beberapa orang memutuskan untuk memasangkan AC di tempat tinggalnya. Pemakaian AC atau Air Conditioner ini mempunyai tujuan untuk hilangkan situasi panas yang sering terjadi hingga kondisi ruang juga jadi lebih nyaman. Namun, penggunaan AC yang terlalu berlebih bisa membuat jadi cepat rusak dan manjadi tidak dingin.

Beberapa orang malas untuk bersihkan AC dengan teratur, walau sebenarnya menjaga AC ruang secara betul akan berpengaruh pada usia dari AC yang dapat makin tahan lama. Begitu juga kebalikannya, saat AC kurang dirawat karena itu usia AC bisa menjadi makin pendek, karena elemen yang ada dalam AC akan cepat hancur.

Nach buat kamu yang belum mengetahui langkah menjaga AC, turuti yok beberapa hal yang perlu kamu kerjakan supaya AC kamu tidak cepat hancur.

  1. pastikan Paarde Kracht (PK) AC Sama sesuai Luas Ruang

PK ialah besaran tenaga yang diperlukan AC untuk mendinginkan sebuah ruang. Besarnya PK sendiri bergantung pada tipe AC dan keperluan dari ruang. Kamu harus ketahui ukuran ruang agar sesuaikan sama ukuran PK AC.

Dengan memakai PK AC yang pas, maka punya pengaruh pada performa AC ruang yang terpasang nanti. Saat PK AC yang kecil ditaruh pada ruang yang besar, karena itu ruang juga tidak sejuk. Performa AC juga terlampau keras dan terus-terusan usaha untuk sesuaikan keperluan ruang hingga bisa membuat AC bisa lebih cepat hancur.

Kebalikannya, bila ukuran PK terlampau semakin besar dibanding ukuran ruang, karena itu AC akan berasa terlampau dingin, dan akan muncul pemborosan listrik. Oleh karena itu kamu harus tahu ukuran PK AC yang sesuai keperluan ruangmu ya.

  1. Check Termostat

Kekeliruan dalam penataan temperatur termostat jadi hal yang umum untuk ditemui saat memakai AC. Banyak orang, kemungkinan terhitung kamu, memakai AC langsung atur pada temperatur paling rendah dengan arah supaya AC bisa lebih cepat dingin walau sebenarnya hal itu punya pengaruh pada keawetan AC.

Jika terus dipaksa AC capai temperatur yang terendah secara terus-terusan, karena itu ini akan membuat compressor AC bekerja dengan maksimal dan pada akhirannya akan kurangi usia compressor AC, sampai pada akhirnya AC juga jadi cepat hancur.

Jadi susunlah temperatur untuk pastikan AC bekerja dengan baik dengan suhu ruang yang konstan. Seharusnya tidak boleh sering mengeset suhu AC di bawah 22 derajat celcius. Karena penggunaan di bawah 22 derajat celcius bisa membuat mesin AC cepat panas hingga AC cepat hancur.

  1. Mengatur Waktu Penggunaan dengan Timer

Sekarang ini, telah banyak tipe AC yang mempunyai feature timer. Ini bisa mempermudah kamu untuk atur hidup dan matinya AC. Pemakaian timer AC ini bisa menolong perawatan AC yang dipakai. Waktu terbaik untuk memakai AC yakni sepanjang 5 jam. Jika sudah melalui dari 5 jam seharusnya AC diistirahatkan lebih dahulu dengan mematikannya . Maka, karena ada feature timer ini kamu dapat atur AC untuk mati tiap 5 jam penggunaan supaya mesin bisa istirahat dan kembali dingin.

  1. Membersihkan Filter dan Kumparan Kondensor AC

Filter AC sebagai elemen yang ada di pada tubuh AC yang berperan untuk memfilter debu. Bila filter itu tidak dibikin bersih secara periodik dapat mengakibatkan AC jadi tidak dingin. Ini karena jumlahnya debu yang menimbun. Debu yang kebanyakan pada filter ini bisa merintangi saluran udara dan bisa mengakibatkan peranan AC terusik hingga cepat hancur.

Membersihkan filter AC dengan teratur minimum 1 atau dua bulan sekali. Filter yang mampet atau kotor menahan saluran udara normal dan secara berarti kurangi efektifitas mekanisme. Itu mengapa kamu harus teratur membersihkan. Langkah bersihkan filter AC ini lumayan gampang dan dapat kamu kerjakan sendiri.

Selainnya filter, kumparan AC penting diingat kebersihannya tiap tahun, karena debu seringkali menimbun di bagian ini. Debu yang menimbun pada kumparan dapat kurangi kekuatannya untuk mempernyerap panas.

  1. Tutuplah Ruang Saat AC Berpijar

Tutuplah selalu dengan rapat semua sela saat kamu sedang menghidupkan AC. Maksudnya supaya AC konsentrasi untuk mendinginkan ruang. Disamping itu, untuk memudahkan performa dari compressor untuk capai temperatur yang diharapkan. Langkah ini benar-benar bermanfaat untuk memudahkan AC agar tidak begitu lama bekerja, dan dengan langkah ini akan menahan kerusakan awal pada compressor AC.

  1. Service AC Secara Teratur

Pakai service AC dengan teratur untuk menolong membenahi kerusakan-kerusakan kecil dan menahan kerusakan besar pada AC. Kamu dapat memakai jasa service AC minimum tiap enam bulan sekali.

Secara umum jasa service AC akan lakukan bersihkan AC dan pengujian pada freon AC. Jika freon telah kosong, karena itu dibutuhkan pengisian lagi yang tentu saja hal itu tidak dapat kamu kerjakan sendiri. Disamping itu, mekanik AC bisa juga mendiagnosa adakah kebocoran pada beberapa bagian AC dan apa ada kerusakan-kerusakan yang lain.

Banyak factor yang memengaruhi kerusakan pada AC, baik dari komponennya sendiri, atau dari factor external. Kamu perlu menjaga AC kamu supaya tidak gampang hancur. Karena AC yang hancur akan bikin rugi kamu dalam beberapa hal.

Previous post Simak Penjelasan ini sebelum kamu memilih asuransi ASKRIDA